Minggu, 03 Juli 2011

MAKALAH ILMU ALAMIAH DASAR



“Teknologi  dan kehidupan
manusia “

Nama penyusun :
Jazilatur Rohmah (092071000036)

Universitas  Muhammadiyah Sidoarjo tahun 2010
 
 
Pendahuluan


                   IAD adalah mata pelajaran yang menjelaskan tentang hubungan manusia dengan kehidupan alam. Bahwasanya kehidupan alam bagi manusia sangatlah penting bagi manusia. karena manusia dan kehidupan alam sudahlah sangat erat hubunganya. Jika tidak ada  kehidupan alam maka manusia akan  kekurangan dan hidupnya tidak akan pernah lengkap. Dan sering kali manusia salah mengunakan kehidapan alam seperti teknologi seringlah disalah gunakan dalam hidupnya.





PEMBAHASAN
A.         Pengertian teknologi

1.        Teknologi lahir karena adanya kebutuhan manusia sejak zaman purba yaitu bagaimana menyelesaikan suatu pekerjaan dengan mudah dan menghasilkan produktivitas yang tinggi. Meskipun mereka secara sederhana membuat alat _alat yang hasilnya dapat digunakan untuk mempermudahkan pekerjaan mereka atau meningkatkan hasil kerjannya.
2.        Teknologi menurut Iskandar Alisyahbana (1980) mengatakan bahwa teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur, dan lebih sejahtera.
3.        Teknologi menurut pandangan islam.
Pesatnya perkembangan teknologi rekayasa genetika agaknya belum terkejar    oleh produk – produk fikih yang ada selama ini. Jawaban fikih terbaru, sebagaimana diberikan majelis tarjih muhammadiyah dan beberapa ulama dimesir, baru sampai soal bayi tabung dan inseminasi buatan. Padahal teknik rekayasa genetika sudah melesat jauh, sudah sampai pada soal revitalisasi DNA, pembiakan sel lewat trasplantasi, bahkan menyelewengkan “penciptaan “ lewat pencakokan jarinagn sel.

B.         Macam _ macam teknologi
Macam _macam teknologi dibagi menjadi 2 yaitu teknologi modern dan teknologi tradisoanal.
1.      Teknologi modern yaitu :
a.       Teknologi informasi yaitu teknologi ini bisa digunkan untuk memperoleh sesuatu apa yang inginkan, yang terdiri dari :
1)      Komputer , dapat digunakan sebagai mesin hitung, mesin tulis, pengganti ensiklopedia, perpustakaan, arsip suatu kantor, membuat aneka macam program baik untuk keperluan industri maupun pertambangan sanpai urusan rumah tangga.
2)      Internet , adalah media komunikasi canggih yang dapat merabah keseluruh penjuru dunia dengan cepat lewat komputer. Tampilan gambar dan pesan lebih cepat sampai ke tujuan dan dengan biaya yang relatif murah. Internet dapat digunakan untuk semua tujuan.
1.      Dampak positif akibat dari perkembangan teknologi internet
a)      Internet sebagai media komunikasi
b)      Media pertukaran data
c)      Media untuk mencari informasi atau data                   
d)     Kemudahan memperoleh informasi                                    
e)      Bisa digunakan sebagai lahan informasi
f)       Kemudahan berinteraksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan
2.      Dampak negativ akibat dari perkembangan teknologi internet
a)      Melihat gambar pornografi
b)      Penipuan
c)      Membuat kecanduaan
d)     Perjudian
e)      carding
b.      Teknologi komunikasi juga tidak jauh berbeda dengan dengan teknologi informasi, sama2 mempunyai keuntungan dan keburukan, yang terdiri dari.
1)      Telephon adalah suatu alat komunikasi yang sangat cangih yang bisa menghubungan kita dengan jarak jauh maupun dekat dengan bahasa lisan.
2)      Percetakan adalah alat komunikasi yang sebagai media komunikasi massa.
3)      Cinema ialah jika kita melihat cinema kita dapat mengkomunikasikan kesan pesan secara utuh, baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan.
4)      Televisi ialah bila kita melihat televisi kita dapat mengomunikasikan pesan atau kesan yang lengkap. Dan tak jauh berbeda juga dengan cinema, tetapi untuk jarak jauh tanpa kawat, hanya saja menggunakan lstrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar